Header Ads

WORKSHOP SUKSES DENGAN SOFTSKILL

Oleh: Daru kuswanto

Permasalahan kesiswaan yang dialami di banyak Sekolah hampir sama, masih sekitar kenakalan remaja. Yaitu masalah merokok, bolos, jarang masuk sampai narkoba. Penyebabnya  bisa karena faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal meliputi permasalah dari lingkungan keluarga, tingkat pendidikan orang tua yang rendah, faktor ekonomi, lingkungan tempat tinggal. Sedangkan faktor internal itu dari kepribadian siswa.
Penyelesaian masalah karena faktor eksternal cukup pelik. Karena melibatkan banyak pihak. Sedangkan penyebab masalah internal siswa menurut saya karena kebanyakan siswa dan sebagian guru belum paham apa itu softskill.
Saya sebagai bagian dari IGI Kab. Banyumas tergerak untuk berbagi dan bersinergi dengan banyak pihak di sekolah untuk memaparkan bagaimana Sukses dengan Softskill.
Ternyata ada kesenjangan definisi sukses antara DUDI (Dunia Usaha/Dunia Industri) dengan dunia pendidikan. Sukses menurut DUDI adalah tamatan yang terampil dengan budi pekerti yang baik. Sedangkan dunia pendidikan memandang bahwa tamatan yang sukses adalah tamatan yang IP (Nilai UN) tinggi. Dunia kerja percaya bahwa sumber daya manusia yang unggul adalah mereka yang tidak hanya memiliki kemahiran hardskill saja tetapi juga piawai dalam aspek softskillnya.
Softskill sendiri diartikan sebagai kemampuan diluar kemampuan teknis dan akademis, yang lebih mengutamakan kemampuan intra dan interpersonal. Kemampuan yang dimaksud adalah kemampuan berhubungan dengan diri sendiri dan orang lain. Softskill ini merupakan kompetensi yang tak terlihat. Sedangkan kompetensi yang terlihat dikenal dengan hard skill karena ada parameter ukurnya. Untuk itu perlu penguasaan yang seimbang antara hard skills dan soft skills untuk kesuksesan yang berkelanjutan ( sustainable success ).
 Hasil  yang diperoleh dari kegiatan ini adalah:
1.   Meningkatnya rasa percaya diri, senantiasa mengedepankan etika, serta mampu mengembangkan kecerdasan intelektual dan emosional secara seimbang.
2.    Meningkatnya kemampuan komunikasi personal, keterampilan komunikasi,  serta komunikasi persuasi,
3.   Meningkatkan kapasitas kepemimpinan, berfikir dan bertindak strategis, serta kemampuan dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalah.
4.    Peserta terinspirasi dan mampu memotivasi diri pada setiap situasi dan kondisi.
5.    Peserta lebih berani bermimpi.

Anda bisa segera hubungi

email:  igi.banyumas@gmail.com
Whatsapp : 08156561047

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.